Sabtu, 14 Maret 2015

Tanam Nilam Sebagai Idola Baru Masyarakat



Anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar tidak berpengaruh terhadap petani nilam, berapa daerah Di Indonesia nilam menjadi Idolah baru bagi masyarakat seperti yang di lansir tribuntimur.com "
Budidaya tanaman serta industri minyak nilam ini yang lebih banyak dikenal perkembangannya di wilayah barat Indonesia, kini sudah mulai merambah di Sulawesi Selatan, termasuk di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang mulai dikenal oleh petani sejak tahun 2010 lalu.
Beberapa petani dari berbagai komoditi yang ada di Kabupaten Luwu Utara seperti coklat, jeruk nipis dan jagung kini mulai beralih melakukan pengembangan tanaman nilam. Masamba dan Malangke merupakan kecamatan yang lebih dikenal oleh warga Lutra dan sekitarnya sebagai wilayah penghasil minyak nilam terbaik dan terbesar di Luwu Utara.
Tidak hanya para petani yang melakukan pengembangan tanamannya, namun kini para pembeli tanaman nilam juga sudah mulai mengembangkan usahanya dengan membuat penyulingan sendiri. Dengan demikian, para petanipun semakin yakin akan prospek perkembangan tanaman nilam ke depannya yang semakin baik melihat industri minyak nilam yang kian menjamur hampir di setiap desa/kelurahan.
Menurut Aditya Asri, warga Dusun Torea, Desa Pongo, Kecamatan Masamba mengaku lebih yakin potensi penghasilan tanaman nilam jika dibandingkan dengan tanaman yang pernah ada di daerah ini. Pasalnya, tanaman nilam tidak butuh banyak pembiayan perawatan namun bisa meraup hasil yang melimpah. Meski harga biji kakao saat ini diatas Rp. 30.000-an/kg, namun nilam yang harga rata-rata Rp. 11.000/kg masih bisa melampaui hasil panen tanaman kakao"

Tanaman nilam ini juga sangat berpotensi di desa lesung bakti jaya.... cuman sayangnya masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang prospek budidaya tanaman ini sehingga mereka memandang sebelah mata pada didaerah lain para petani nilam lumayan sukses bahkan sebagaian dari mereka menganggap emas hijau...


Bagi Masyarakat Lampung khususnya lesung Bakti Yang ingin memcoba membudidayakan nilam silahkan kontak kami, kami menyediakan bibit unggul siap tanam


0 komentar: